1. Jelaskan tentang Product Life Cycle ( Siklus Kehidupan Produk) ?
Siklus hidup produk adalah siklus hidup suatu produk/ organisasi dengan tahapan-tahapan proses perjalanan hidupnya mulai dari pengembangan produk ,pengenalan,pertumbuhan,kematangan dan keusangan.
perubahan dari target awal, lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk yang sejenis, hingga melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/ penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar Setelah mencapai puncaknya maka produk akan turun dengan alamiah. Perubahan citra produk/ organisasi lalu dilakukan untuk mendukung inovasi dan menghindari penurunan drastis akibat kejenuhan.
1. Perkenalan (Introduction)
· Penjualan Lambat
· Promosi Besar
· Belum Ada Laba
2. Pertumbuhan (Growth)
· Laba Naik
· Produk diterima dipasar
3. Kematangan (Maturity)
· Penjualan naik
· Laba naik
· Promosi naik
· Adanya difersifikasi produk
4. Keusangan (Decine)
· Penjualan turun
· Laba turun
· Pailit2.Pada tahap keberapa suatu produk dapat dikatakan ‘Leader Product’? Berikan contoh!
Dikatakan leader product pada aat tahap ketiga dimana pada saat terjadi di tahap kematangan.
Contoh :
- Rinso
- Sony Ericsson
- samsung
3.Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan diversifikasi produk ?
suatu perusahaan melakukan diversifikasi produk karena untuk meningkatkan volume penjualan yang dapat dilakukan oleh perusahaan terutama jika perusahaan tersebut telah berada dalam tahap kedewasaan. Dengan diversifikasi produk, suatu perusahaan tidak akan bergantung pada satu jenis produknya saja. Tetapi perusahaan juga dapat mengandalkan jenis produk lainnya (produk diversifikasi). Karena jika salah satu jenis produknya tengah mengalami penurunan, maka akan dapat teratasi dengan produk jenis lainnya.
sumber:http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/alasan-perusahaan-melakukan-diversifikasi-produk-2/
www.gunadarma.ac.id
No comments:
Post a Comment